Memilih Bahan Bakar: Premium atau Pertamax

Sepertinya memilih bahan bakar yang tepat untuk Motor Matic kita menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan. Jangan pernah beranggapan “Bensin itu sama saja”. Mari kita telaah lebih lanjut mengenai bahan bakar yang kita pergunakan untuk motor Matic Kita.

Karakteristik Umum

Bahan bakar kendaraan bermotor, memiliki nilai kandungan oktan yang berbeda-beda. Semakin rendah nilai oktan (Research Octane Number / RON) maka bensin tersebut akan lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai oktan, maka bahan bakar akan semakin lama terbakar (sumber: wikipedia).

Menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi tidak lantas akan menaikan tenaga motor Matic Anda. Yang paling perlu diperhatikan adalah perbandingan kompresi (Compression Ratio) dari Matic Anda apakah cocok dengan bahan bakar tersebut atau tidak. Di Indonesia, bahan bakar bensin dibagi menjadi 3 jenis, Premium dengan nilai oktan 88, Pertamax dengan nilai oktan 92, dan pertamax plus dengan nilai oktan 95.

Kompresi

Perbandingan kompresi (Compression Ratio) digambarkan sebagai penyempitan ruang bakar ketika piston berada dalam posisi paling tinggi berbanding posisi piston pada paling rendah. Misalnya, dalam sebuah silinder yang memiliki kapasitas 1000cc pada posisi piston dibawah, sedangkan pada posisi atas kapasitas silinder akan berada pada 100cc, keadaan ini memiliki kompresi 1000 : 100 atau 10:1. Pada posisi puncak, udara dalam keadaan mampat dan pada posisi ini pula ledakan bahan bakar akan terjadi dan mendorong piston kebawah.

Kompresi Vs. Oktan

Bayangkan Anda sedang memegang alat suntik yang ditutup pada bagian jarumnya (tempat keluar cairan) kemudian tekan hingga karet pendorong suntikan berada di tengah (50%). Kemudian ulangi namun dengan posisi karet pendorong suntikan berada di posisi 90%. Mana yang lebih lama dilakukan? mana yang lebih memerlukan tenaga?. Jawabannya tentu yang posisi karet pendorong 90% bukan? Nah analogi diatas tepat untuk menggambarkan kompresi pada motor Anda.

Pembakaran pada ruang pembakaran sebaiknya terjadi pada saat posisi piston berada pada puncak silinder. Dalam hal ini, timing yang lebih menentukan untuk waktu pembakaran yang tepat. Pada kompresi rendah yang memerlukan waktu lebih cepat, ia memerlukan bahan bakar yang cepat terbakar pula (oktan rendah). Sedangkan pada kompresi lebih tinggi, ia memerlukan bahan bakar yang lebih lama terbakar (oktan tinggi) agar ketika sudah posisi puncak piston maka bensin akan terbakar.

Bagaimana bila mesin dengan kompresi tinggi mempergunakan bahan bakar beroktan rendah? Seperti yang kita analogikan pada alat suntikan, pada mesin kompresi tinggi namun dengan bahan bakar beroktan rendah, maka bahan bakar akan terbakar sebelum piston mencapai puncak. Akibatnya, tenaga yang dihasilkan tidak full, mesin seperti los atau bahkan terjadi knocking, yang lama kelamaan akan merusah piston bahkan akan jebol.

Sedangkan bila Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesin Anda, yang akan Anda peroleh adalah Efisiensi dan tenaga lebih optimal.

Bahan Bakar yang Cocok

Panduan untuk menentukan bahan bakar sesuai kompresi dapat dilihat sebagai berikut:

7 : 1 s.d. 9 : 1 = Premium
9 : 1 s.d. 10 : 1 = Pertamax
10 : 1 s.d. 11 : 1 = Pertamax Plus

Premium:
Yamaha Mio (8.8 : 1)
Yamaha Mio Soul (8.8 : 1)
Yamaha Nouvo (8.8 : 1)

Pertamax:
Suzuki Skydrive (9.6 : 1)
Suzuki Skywave (9.6 : 1)
Suzuki Spin (9.6 : 1)
Honda Beat (9.2 : 1)
Kymco Free LX / Libero (9.8 : 1)
Kymco Trend SR (9.8 : 1)

Pertamax Plus:
Honda Vario (10,7 : 1)
Kymco Free Ex (10.4 : 1)
Kymco Easy JR (10.4 : 1)

Melihat kondisi di Indonesia akan ketersediaan jenis bahan bakar, pihak pabrikan tentu telah memertimbangkan hal ini, dengan membuat mesin dengan kompresi tinggi “lebih toleran” dengan mengatur / memundurkan timing pengapian. Oleh: Matic Rider Blog (http://maticrider.com)

Sumber: Wikipedia, saft7

7 thoughts on “Memilih Bahan Bakar: Premium atau Pertamax

  1. vmatic

    Your Comments: nah sekarang yg jadi dilema, apakah penggantian bahan bakar tersebut apakah bisa langsung kita ganti dengan PERTAMAX PLUS apabila kita sebelumnya menggunakan premium/pertamax atau harus mengkomposisi bahana bakar yg sebelumnya kita gunakan dengan yang baru

    Reply
  2. AL

    mas, mau tanya soal bahan bakar unleaded dan leaded. kalo yang unleaded setau saya yang kadar oktannya lebih tinggi bukan. maka itu MIO cocok untuk pemakaian Pertamax kan??? tolong di kasih masukkan nya….. trims

    Reply
  3. david kaotsar

    trims atas penjelasannya,dgn adanya keterangan ini saya bisa lebih baik dalam merawat motor vario techno saya.

    Reply
  4. nuril

    klo pemakaian premiun dan pertamax berganti, misalnya minggu ni pake premium, minggu berikutnya pake pertamax. ato 1 bulan 1 kali baru pake pertamax untuk honda beat. apa efeknya terhadap motor beat? apakah berpengaruh? tolong pejelasannya.

    Reply
    1. admin Post author

      Sepertinya tidak akan berpengaruh, untuk motor bisa di oplos kok, saya sendiri suka oplos BBM motor, sudah 8 tahun masih lancar-lancar saya…

      Reply

Leave a Reply