Bunyi-Bunyi di Sekitar CVT Motor Matic

Perbedaan utama antara motor matic dengan motor manual terletak pada sebuah bagian yang dinamakan dengan CVT. CVT ini yang melakukan semua hal yang berkaitan dengan kinerja kopling dan “perpindahan gigi” secara otomatis. Namun adakalanya, Anda mungkin mencurigai ada bunyi-bunyi yang terdengar mengkhawatirkan keluar dari CVT ini.

cvt-big

Beberapa bunyi aneh yang sering keluar antara lain:

Suara seperti ngorok

“Suara seperti ngorok” atau “glok-glok”, ketika membuka gas secara tiba-tiba atau ketika ditanjakan, diakibatkan oleh belt yang sedang menyesuaikan posisi yang membuat belt agak berkurang ketegangannya, kemudian ia memantul-mantul ke tutup cover CVT bagian atas. Suara ini terdapat pada Matic Suzuki seperti Spin dan Skywave, dan Tipe Matic dari Kymco keluaran lama. Tapi jangan khawatir, semuanya normal dan aman kok.

Ciiit… Ciiitt

Pernah dengar bunyi ini dari CVT? ya “penyakit” ini muncul dari matic-matic Yamaha, Mio lama dan Nouvo, ketika matic sudah mulai dibejek gasnya, tapi kalau sudah jalan bunyinya tidak muncul. Kenapa? menurut penelusuran bunyi ini muncul bisa dari gesekan kopling ke rumah kopling, dikarenakan bentuk kopling / rumah kopling yang sudah tidak normal. bisa karena terbakar seperti rumah kopling yang menghitam diakibatkan kebiasaan menahan rem ketika membuka gas pada saat macet, atau berjalan pada kecepatan rendah berjam-jam. Normal? tentu tidak, silakan bawa ke bengkel resmi terdekat untuk diperbaiki / diganti.

Bunyi berisik ketika sehabis diservis

Bila satu waktu matic anda di servis, kemudian muncul suara berisik ketika membuka gas? bunyinya seperti bunyi normal namun agak keras seperti: “SRRRRTTTT”. Jangan langsung menyalahkan mekanik atau bengkel, bunyi ini muncul bila ketika membersihkan belt dipergunakan belt-dressing, sejenis cairan untuk merawat belt dan membuat agak kesat. Tunggu beberapa hari, bunyi itu akan menghilang dengan sendirinya.

Ada bunyi yang lain?

8 thoughts on “Bunyi-Bunyi di Sekitar CVT Motor Matic

  1. Widyan Widoseno

    saya pernah nyoba motor matic mio, waktu di gas kok antara gas sama geriginya nggak pas. Kenapa ya kira-kira…?

    Reply
  2. jadul

    boss, numpang tanya nih…..kenapa ya waktu mesin motor yamaha mio gue dingin(saat beberapa jam tidak dijalankan) selalu bunyi “krotok…krottok…dan jika digas bunyi denging gerdangnya jadi keras (“krooooook”) campur dengan “ngiiiiiiiiiiiing” gitu ……ditunggu y bos balesannya……

    Reply
  3. Engki

    Mio sporty sy akhir2 ini ada bunyi yang sangat kasar dan tidak nyman pada bagian cvt. Sy jga sdh coba ganti v_belt tpi ttp aja bunyinya gak hlng2.

    Reply
  4. Benk

    Gan mtr gw mio thn 2009,di bag.Cvt nya bunyi kroook…Pas di nyalain di pagi hari,otomatis tenaga kgak ad.Gw bwa k bengkel n gw gnti v-belt ma rollernya.Ilang tuh pnyakitnya,tp knpa pas gw nyalain pd saat msin dingin bunyi itu nongol lg.Mpe 2x gw servis msh bgtu jg,ne mw ktiga kalinya gw k bengkel..Mpet bgt mst harus bolak balik k bengkel.Tlg pncerahanya gan.Thxs

    Reply
  5. Nasir

    Suzuki Skywave sya tahun 2009, pd kcepatan 40 km/jam suaranya brisik bnget.. Pd kcepatan 80km/jam suaranya jdi mendengung.. Sudah 3 x saya bawa ke bengkel yg berbeda ttp aja gk da yg bisa menghilangkan bunyi brisik motor sya.. Kira2 knapa ya gan? Sbelumnya trimakasih..

    Reply
  6. noel hakim

    skywave ane baru aja ganti kanvas otomatis dan v-belt, tapi kenapa setelah pemasangan selesai dan mesin dinyalakan terdengar bunyi yg mengganggu (klok..klok..klook) seperti ada yg berbenturan ke dinding rumah cvt? tolong pencerahannya biar ane ga khawatir akan hal yg bisa merusak bagian tersebut. thanks befor.. salam matic nation..

    Reply
    1. admin Post author

      Halo mas noel,
      Berdasarkan pengalaman saya ada 2 hal:
      – bunyi klok klok itu terjadi karena “jatuh” nya roller kembali ke tempat asal, ini biasanya terjadi ketika rider menutup gas secara cepat, hal ini normal.
      – bunyi klok klok ketika aselerasi, ini terjadi karena pantulan belt ke cover CVT, hal ini juga normal. Karena belt baru, biasanya memiliki lebar yang membuat posisi dia lebih diatas dari pada belt yang sudah dipakai (dengan asumsi part asli). Dengan sendirinya suara ini akan hilang.

      Reply

Leave a Reply